Pengenalan Kimia

Pengenalan Kimia

Apa sih kimia itu?? Kenapa harus belajar kimia?? Sejarah kimia?? Tenang kawan semua akan terjawab disini, OK?

Dalam bahasa arab, perubahan materi disebut al-kimiyya. Jadi semua yang berhubungan dengan perubahan materi sebut kimia. Setuju???

Lengkapnya begini deh, kimia adalah cabang sains yang mempelajari tentang sifat suatu zat, struktur suatu zat, perubahan suatu zat, hukum dan prinsip mengenai zat, serta teori dan konsep yang berhubungan dengan zat.

Belajar kimia dibutuhkan untuk mengungkap fenomena alam serta berguna disiplin ilmu lainnya kawan. Contohnya kalau kalian kuliah kedokteran ilmu kimia akan berguna untuk mendiagnosis penyakit, kalau kalian kuliah farmasi ilmu kimia akan berguna untuk membuat obat-obatan dst…

Dari info yang saya baca ilmu kimia dimulai Sekitar tahun 3500 SM, di Mesir Kuno dengan cara membuat anggur ataupun teknik pengawetan mayat. Namun ada juga yang mengatakan bahwa kimia dimulai dari ketertarikan leluhur kita tentang api. Wallahualam

Sudah kan pengenalannya,, sekarang kita akan masuk ke materi baru.. asikk🙂

Unsur

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi secara kimia menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana. Gampangnya sih unsur itu adalah zat paling sederhana yang dimiliki materi. Mudeng???

Saat ini manusia telah mengenal sekitar 118 unsur baik itu yang alami maupun sintetis. Zaman dahulu unsur dilambangkan dengan kode-kode namun karena dianggap tidak praktis maka diganti dengan pemakaian huruf depan nama latin unsur contohnya Carbonium/Karbon lambangnya C, Strontium lambangnya Sr, Ferrum/Besi lambangnya Fe dst… Penamaan ini dikemukakan oleh bapak jons Jakob Berzelius ilmuwan berkebangsaan Swedia. Makasih bapak🙂

Tabel periodik terdiri dari 7 garis horizontal yang disebut periode serta 18 baris vertikal yang disebut golongan. Unsur-unsur ini disusun berdasarkan sifat kimia mereka. Sementara itu dalam tabel periodik unsur-unsur dibagi menjadi 3 kelas meliputi: logam, nonlogam ataupun semilogam.

Dalam tabel periodik terdapat golongan utama atau golongan A yang meliputi golongan 1, 2, 13, 14, 15, 16, 17, 18 atau yang biasa disebut golongan IA – VIIIA. Golongan IA biasa disebut golongan Logam Alkali, golongan IIA biasa disebut golongan Alkali Tanah, golongan VIIA biasa disebut golongan Halogen lalu golongan VIIIA biasa disebut golongan Gas Mulia. Sedangkan golongan IIIA-VIA penamaannya sesuai dengan nama unsur yang terletak paling atas misalnya golongan IIIA karena unsur Boron (B) terletak paling atas maka dinamakan golongan Boron. Sisanya lanjutin sendiri yaaaa, Ok?? Sipp dah

Selain itu dalam tabel periodik juga terdapat golongan transisi atau biasa disebut golongan B kawan. Golongan transisi atau golongan B dimulai dari golongan 3 samapi 12. Golongan B isinya unsur logam semua kawan jadi sering disebut golongan logam transisi. Selain itu juga ada golongan lantanida dan aktinida yang biasanya disebut golongan transisi dalam.

Capek nii jelasin terus,, ganti bahasan materi yukkk …………

Senyawa dan Campuran

About scrappertrapz

I'm a student of SMAN 5 Malang

Posted on Juni 14, 2012, in Kimia, Materi Kelas X and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: